Suatu Tips (mungkin) penggunaan OpenOffice.org

Selama lebih dari tiga tahun, saya menggunakan MS Office, terutama Word, Excel dan Visio. Meluangkan waktu untuk lebih lanjut mempelajari dan mengaplikasikan fasilitas VBA pada Excel untuk tujuan pemrograman lembar kerja (sheet) desain beton bertulang, struktur atap baja dll. Kini sudah bermigrasi ke OpenOffice :) karena saya tertarik proyek-proyek GNU Linux (their people, vision, community) . Ada beberapa perbedaan yg mencolok pada OOo, Apa Saja ? Berikut hal-hal tsb yg saat ini baru saya ketahui :

  • OpenOffice merupakan paket office yg bekerja secara bersamaan tidak terpisah, seperti fungsi perhitungan bekerja pada OOo Writer dll.
  • Macro pada spreadsheet OOo Calc hanya bisa dibuat setelah ditambahkan instalasi Java Runtime Env. JRE (download gratis dari SUN Microsystem)
  • Untuk mensetting halaman lewat Insert –> Footer –> Default lalu sisipkan nomor halaman dengan Insert –> Fields –> Page Number
  • Menggunkan huruf/symbol khusus melalui Insert –> Special Character
  • Menggunakan rumus melalui Insert –> Object –> Formula pastikan rumus yg akan dipilih dengan View –> Selection
  • Setiap angka pada text atau tabel yg dibuat dalam lembar OOo Writer dapat langsung dilakukan perhitungan (active text) tanpa perlu membuka kalkulator :) it’s work great, i luv OOo.
  • Untuk mengaktifkan/mengedit perhitungan angka pada text caranya, select / blok lalu klik Tools –> Calculate (atau tekan Ctrl + +) lalu paste (Ctrl + v), sedangkan pada tabel gunakan tanda “=” lalu f(x) cara lain menggunakan text formula adalah dengan menekan tombol F2
  • Pada OOo Calc, lebih baik menggunakan Data Validation (tanpa macro) daripada Combo List (macro)
  • Gunakan paint brush formating (gambar kuas) ini untuk menyamakan format satu ke yg lainnya match properties mungkin kalo pada CAD :) berguna terutama pada pembuatan tabel
  • OpenOffice dapat disesuaikan spelling dengan menggunakan bahasa Indonesia, ini sangat bermanfaat dalam menghindari kesalahan ketik ejaan.

Hanya ini saja dulu, lainnya saya belum tahu. khan Noobie juga :) LOL

OOoWriter Active Text

Tabel diatas juga juga dapat diaktifkan perhitungannya seperti pada Spreadshet secara langsung, apabila suatu angka masukan pada cell diubah maka cell yg mengacu padanya akan berubah juga. Seperti kolom C merupakan perkalian dari kolom A dgn B, sedangkan sell paling bawah merupakan penjumlahan (sum) kolom C. Selain itu juga tabel pada OOo Writer sudah mendukung fungsi cell refference seperti pada SpreadSheet (B$1).

Itu saya rasa menyenangkan, membuat suatu laporan yg didalamnya terdapat angka hasil perhitungan dapat dibuat secara langsung. Tentunya dengan ketepatan yang lebih dibandingkan kita berpindah aplikasi dari kalkulator bawaan Windows ataupun kalkulator tangan (seperti dulu waktu menggunakan MS Word, skripsi saya sebanyak ~600 hal yang didalamnya banyak sekali perhitungan text dan tabel karena membahas mengenai perencanaan struktural gedung beton bertulang tahan gempa).

2 thoughts on “Suatu Tips (mungkin) penggunaan OpenOffice.org

  1. alooo,,,,,,,, salam kenal nih dari aku.
    mas misalkan punya tutorial Openoffice bisa dong kirim lewat email.
    thanks before :)

    oyaaa…dah punya ce lum nih :D

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s