SAP2000 – Pemodelan balok lengkung dgn CAD

Pemodelan struktur untuk jenis yang agak rumit seperti balok lengkung dengan cara langsung pada SAP2000 mungkin sulit karena perlu mengetahui letak koordinat dari join pias penghubung elemen balok lengkung tersebut. Program CAD seperti AutoCAD atau IntelliCAD akan sangat membantu, pengguna cukup memperhatikan dimensi elemen pada bagian yang penting saja seperti tinggi dan lebar. SAP2000 mempunyai fasilitas import model dari CAD, format yang digunakan yaitu Drawing Exchange Format (DXF), dalam pemodelan ini hal yang perlu diperhatikan adalah node pada pembagian pias elemen balok lengkung.

 Download Files Selengkapnya dapat dilihat/download (pdf)

7 thoughts on “SAP2000 – Pemodelan balok lengkung dgn CAD

  1. sebelumnya saya ucapkan terimakasih dengan adanya blog ini, sebab sangat membantu saya dalam menyelesaikan TA saya mengenai struktur beton bertulang. oia mas, sya minta tolong dong dicariin contoh-contoh perencanaan struktur bangunan beton bertulang, sebab dengan adanya contoh tersebut saya dapat membandingkan apakah asumsi yang saya ambil cukup baik

    terimakasih

    denie

  2. kalo desain struktur beton bertulang, bukunya khan sudah banyak. karya Ir. Gideon HK & Vis itu bagus buat pelajari konsepnya. yang dimaksud asumsi anda sendiri dalam struktur beton itu apanya ya ?? kalo di beton paling yang keliatan beda pada analisa kolom biaksial, element lain prosedur desain masih sama. kalo pelat beton 2ways, perbedaanya banyak pada masalah analisa bukan desain.

    mungkin yang dimaksud itu analisa struktur kali ya… kalo itu masalahnya ngga gpg, perlu bandingin sendiri antar metode konvensional dan hasil program pada banyak kasus, keduanya perlu diketahui batasan2nya.

  3. Cuma Buku CUR itu menggunakan PBI 71 , dan memang masih dipergunakan akan tetapi ” buku ” apa yg mendekati untuk perhitungan jaman sekarang ( sebab saya sendiri bingung antara menggunakan yg mana antara SNI , AISC-LRFD , atau BS )

    Mohon Bimbingannya , Terima Kasih

  4. anda bicarain stndar beton atao baja, ko ada PBI tapi ada juga AISC? kalo secara keseluruhan sih satu sama lain melengkapi tapi yang primary tetep harus ada pegangan.

  5. terima kasih atas adanya blog ini, saya banyak mendapat informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah saya, saya lagi nyusun laporan kuliah, saya mendapat tugas untuk menganalisisi balok dan kolom lengkung saya masih belum dapet informasi metode dan bagaimana cara analisisi kolom dan balok tersebut, bisa dibantu ga mas.. terima kasih yach..

    1. balok lengkung cukup sulit penyelesaian eksaknya, hanya untuk kasus sederhana saja (plane frame). pd balok lengkung (curved) distribusi tegangan setinggi serat tidak linear seperti balok lurus (straight). diatas adalah penyederhanaan saja, untuk struktur beton bertulang jika lengkungan dimodelkan cukup halus, maka penyimpangannya dpat direduksi. selain itu kesalahan tersebut dapat ter-cover oleh angka aman SF, mengenai desainnya tergantung beban Pu, jika lebih kecil dari 0.1*f’c*A_g dapat disederhanakan seperti desain balok biasa. thx

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s