Momen Sekunder Kolom Bergoyang (sway)

Pada kenyataannya elemen kolom yang mengalami gaya lateral (gempa,angin) akan mengalami pembesaran momen akibat defleksi lateral. Besarnya momen tambahan merupakan funsi dari beban gravitasi (P) dan defleksi lateral (delta), perilaku struktural tersebut biasa disebut dengan P-delta efek yang merupakan pengaruh global portal kolom. Besarnya defleksi lateral dilakukan secara bertahap dan berulang/iterasi.

momkolsek.png

Download Files  selengkapnya dapat dilihat/download di dokumen (pdf) berikut : momen-sekunder-kolom-tunggal.pdf

Advertisements

4 thoughts on “Momen Sekunder Kolom Bergoyang (sway)

      1. comment di atas sya tulis karena account yg bertanya menggunakan photo ID anak sd baru masuk, syang jejak tidak bisa dilihat karena sudah dihapus olehnya. lagian juga aneh pertanyaannya sudah jelas judul dan contoh ada, masih dipertanyakan , ya sudah sya juga jawabnya ngga serius. belakangan sya tau penanya adalah moderator atau aktif member di forum teknik sipil universitas ternama di jogjakarta, tambah aneh juga buku diktatnya sya ada beberapa dan lebih advanced materinya dibanding kampus lain saat itu karena sudah membahas perhitungan momen desain pelat dengan metode portal equivalen, apa iya kolom beton (sway/braced) yg crucial belum dibahas? minimal definisi batasan sekedar kalimat walau belum sampai ke rumusan/nilai batas.

        well, mengenai catatan sya ditulis saat sudah lulus, klau merujuk buku diktat atau buku di gramed atau percetakan kampus mungkin anda tidak menemukannya. silahkan posting saja jika ada untuk sya sekedar cross-refferences juga. tulisan sya diatas merujuk dari beberapa buku dan dokumentasi software SAP/RISA saat itu. ada point pada lembar perhitungan yg dipertanyakan?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s