cuci mata, maenan 3d

agak penat beberapa waktu ini kerja, ngadepin komputer dgn pic diagram Bending, Kontur tegangan, deformed shape, maupun buckling mode dari berbagai macam analisa struktur yang telah saya kerjakan. hmmm.. waktunya cuci mata, ah.. pulang kerja pake komputer pribadi maenan 3d ada yang buat aplikasi meshing FEM, ada juga yang buat bikin realistic image pake render engine.

iya saya pernah bikin tulisan yang ada menyatakan kalo program IntelliCAD LT ga bisa buat 3d, ternya dengan sedikit trik, masih bisa tuh untuk kemudian di export ke SAP untuk keperluan analisa struktur.

Gambar 3d gitu cuman sekali aja waktu pertama tes capabilities dari program CAD intregasinya dgn program FE seperti SAP2000 dengan dijembatani file DXF.

 

tes program SAP2000 V.7 (student) intregasinya dengan program advanced meshing, unstructured quadrilateral element+refinement. 1/4 model steel pole base plate+stiffener, kolom beton segi enam. seharusnya kemudian dimodelkan dengan concrete box support (springs-compression only), ignoring contact problem due to grouting filled. apply materials, loads, see stress concentration around pole base and stiffener.

Kalo yang sekarang paling asik buat cuci mata di monitor sih gambar 3d hasil render (thx to @last, G and KT team for makes this pictures possible) you’re free but comes with quality, pro’s people.

gambar mesjid yang saya coba desain waktu berada di batam tahun lalu, di render dengan photon maps.

sambungan purlins, rafter dan column baja.

coba render material glass dengan tambahan render caustic.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s