OOo CALC – interpolasi data x-y tidak beraturan

Terkadang kita menemukan interpolasi dari suatu data nilai X dan Y yang tidak beraturan sehingga metode penyelesaian sebelumnya sudah tidak dapat digunakan, saya mencoba mencari suatu penyelesaian spreadsheet OpenOffice.org CALC dengan menghindari penggunaan pemrograman BASIC. ditemukan langkah yang mudah untuk itu, adapun langkah dan fungsi yang digunakan cukup dengan :
– mencari posisi sel yang terdekat dari data X (known) yang dicari dengan fungsi MATCH
– mencari nilai hasil Xi dari datai Xi tersebut dengan fungsi LOOKUP
– mencari nilai data Xi+1 satu baris berikutnya dengan fungsi gabungan “&” kemudian fungsi INDIRECT dan menemukan nilai Yi+1 dengan fungsi LOOKUP
– melakukan interpolasi linear untuk Y (unknow) dgn batasan Xi…Xi+1 dan Yi…Yi+1
Selesai, dengan cara tersebut maka data X dan Y dari yang ditentukan dapat tidak beraturan, terutama nilai X dapat bukan dari suatu kelipatan.

 

diatas garfik hasil dari cara tersebut, it’s working properly :)

4 thoughts on “OOo CALC – interpolasi data x-y tidak beraturan

  1. kalo mau interpolasi data triwulanan menjadi data bulanan kayakmana yah? aku mau buat data bulanan Produk Domestik Bruto yang hanya tersedia dalam bentuk triwulanan. teus terang aku masih belajar tentang ekonometrika dan statistik, katanya sih bisa pake excell ataupun program statistik lainnya. aku tunggu jawabannya. thanks before.

  2. buat semua, ada yg bisa bantu tidak. saya butuh software interpolasi data secara auto. maksudnya, kita masukan satu angka, maka akan terlihat angka2 yang lain. tanpa harus memasukkan angka lainnya lagi. terima kasih atas informasi yang diberikan

    1. OpenOffice sama MS Excel ga beda jauh, propietary seharusnya lebih bisa. Kalo yang auto saya pernah pake kita plot XY koordinatnya lalu keluar pendekatan persamaan matematikanya, softwarenya sdh dilupain ‘coz menurut sya pake ini cukup. kalo yang auto kadang benyakan melesetnya karena pendekatan pake nonlinear.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s