dapet Puzzle TLA

Semalem install sebuah software struktur (demo) ada fasilitas Tributary Loaded Areas (TLA) yg auto secara 2ways dan 1way, yang menariknya tarikan garis dari batasan beban yang diterima suatu sisi balok dapat ditampilkan. Coba cari tahu berdasarkan konsep yang saya biasa dapet di text book bahwa penyebaran beban merupakan tarikan garis 45o untuk balok ortho yang mempunyai kekakuan sama dan sudut ~60o untuk balok yang salah satu mempunyai kekakuan lebih kecil. Permasalahan lain, kebanyakan panel beban berbentuk persegi dan balok nya orthogonal jadi ngga terlalu concern pada balok yang spesifik tidak orthogonal.

2009-03-16_115805

Saat dicoba pada balok yang khusus yaitu pada keadaan tidak biasa, ternyata terlihat tidak stabil konsep tersebut jika diterapkan. Berikut perbandingan hasil konsep tersebut pada 7 jenis keadaan, diantaranya adalah penyebaran bentuk triangular & trapezoidal beraturan dan tidak beraturan serta salah satu sisi tanpa balok. Analisa dilakukan dgn SAP2000 dgn data: material beton default, tebal pelat 12 cm, dimensi balok 20×50 cm, tumpuan sederhana, beban merata 5kN/m2. Model pertama dgn cara auto fasilitas yang tersedia yaitu Tributary Loaded Areas for membrane slabs behaviour, sedangkan model kedua dengan FE element shell dan frame dengan eksentrisitas.

2009-03-16_132507

CSi dalam manualnya menyatakan bahwa distribusi beban tidaklah sederhana banyak faktor yang berpengaruh terutama balok penumpu, beberapa asumsi dipergunakan untuk penyederhanaan yang pada prinsipnya memperhitungkan total beban saja (see ETABS Manual’s).


Download Files Selanjutnya dapat dilihat/download disini (dokumen PDF)

3 thoughts on “dapet Puzzle TLA

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s