pengingat itu perlu

waktu jaman kul dulu sya mempunyai keinginan suatu saat dapat membuat program implementasi desain struktur beton, baja, pondasi dll. Program tersebut diharapkan dapat menampilkan detail langkah perhitungan, sudah beberapa modul desain telah jadi dengan OpenOffice.org CALC terlihat bagus namun rumit, terutama pada pencabangan dan iterasi. Ada juga yang lebih mendekati sempurna seperti gabungan Maxima (computing) dan Emacs (TEX formated), namun hanya bisa berjalan di Linux.  Sekarang sya rebuild module desain agar dapat menampilkan hasil perhitungan sesuai yg sya inginkan dulu, tujuan dari itu adalah “… untuk mengingat”  karena lupa tak dapat dihindari menjadikan setidaknya ada kontrol standar laporan perhitungan desain dan yang terpenting adalah kreativitas dan enjoy permainan logika pikiran.

2009-05-18_173328

Program sya menggunakan Python(TM) yang sudah di compile menjadi exe, dapat berjalan di semua sistem operasi Win32, Linux, Mac, Solaris,BSD,  bahkan PDA atau Handphone,  jadi agak nyesel kenapa sya dulu belajarnya F77 ribet ngga produktif (my opinion).  Pada windows dapat dijalankan melalui DOS bawaannya, pilih menu Start –> Programs –> Acessories –> Comand Prompt mungkin pengguna yang dulu sudah pernah memakai SAP90 atau Microfeap sudah familiar dgn command prompt.

2009-05-18_174659

diatas adalah modul desain balok beton bertulang mengacu SKSNI-T15-1991-03 merujuk pada buku catatan2 kuliah sya dulu. Data yang diperlukan adalah dimensi penampang balok, material dan gaya terfaktor.

2009-05-18_174736

keluaran, scroll down untuk melihat hasil laporan keseluruhan. Dapat dilakukan fasilitas copy / paste pada word processor untuk dilakukan editing jenis huruf dan page layout. Jenis font yang baik ditampilkan adalah Courier New 9pt.

2009-05-18_174745

..

2009-05-18_174801

Hasil keluaran yang telah dilakukan sedikit editing dan dibuat dalam format PDF, dapat dilihat dibawah atau download disini.

Sedangkan programnya sendiri dapat didownload dari 4shared simpenan sya. Masih perlu banyak perbaikan diantaranya dalam penentuan tinggi effektif d, sketsa balok dan penulangannya. Pengembangan lainnya desain beton : Pelat, Balok-T, Kolom( penulangan, diagram interaksi, check biaksial), desain gempa, pelat pondasi, pilecap. Desain struktur baja : batang tekan, tarik, balok, kolom, dll, tancepin ke program analisa sruktur portal/rangka batang biar manage gaya internal lebih mudah, dll namanya juga ngembangin keinginannya banyak :) cuman perlu side-by-side, it’s not an easy tasks but possible.

Program yang saya buat tersebut masil dalam alpha version, diberi calon  nama glassboxDI masih ada kemungkinan ganti namanya mungkin lebih endo jadi kotakacaID, maksudnya hasil program desain outputnya itu transparan ngga in>>out aja, ngga tau tuh program running apa aja. Rencananya sedang dalam proses juga tapi masih permulaan untuk dibuat GUI fronted biar lebih mudah, pake yg cross platform juga.

funny computing again :)

* updates v0.2 (alpha realese) – 19 May 2009

6 thoughts on “pengingat itu perlu

  1. bagus itu pak, kadang klo buat program kita cuman masukin input terus outputnya langsung hasilnya. kadang kita ga bisa mengecek kesalahannya dimana klo terjadi kesalahan.
    kadang juga kita jadi sering lupa tentang rumus2 yang digunakan….
    untuk para mahasiswa kadang juga ga begitu mendidik bagi yang tidak mau untuk belajar, soalnya biasanya pada berorientasi hanya pada output bukan pada prosesnya, alhasil banyak mahasiswa yang tidak memahami konsepnya

    1. thx.. reviewnya. itu blum bagus bener, perlu pegang flowchart nya karena konsepnya ya ada disitu :) nah si program yg kerja ngitung sdgkan user nya tinggal pantau dan kendali, ngga perlu nglotok hafalin. ini masih draft/conceptual, source nya juga blom sya open khawatir dipake adik angkatan kampus jadi nyepelein tugas besar. disitu khan dituntut step hitungannya, atau gimana ya menurut beliau (Dosen2 sya) boleh ngga?? :)
      Belum lagi masalah ujian semester, program bisa berjalan di PDA yg ukurannya sebesar kalkulator tangan bahkan ada yg lebih kecil lagi cuman seukuran HP kecil, itu bisa dibawa pas ujian.

  2. ” … ini masih draft/conceptual, source nya juga blom sya open. ”

    ntar lagi kali ya, ini juga lgi bikin GUInya dan nambahin modul desain lain. just for spent my free time :)

    o ya buat info aja program anstruk sudah ada dri project luar portal 3d static and dynamics. dah bisa comunnicate sma modul desain, cuman GUI modeling buat portal nya kliatan huge n berat bakalam times effort. i don’t know i think i’ll going crazy , it’s impossible if i do all alone. thanks GNU.

    sya juga lagi nyari rekan (kalo ada) yg mau gabung bantu bangun aplikasi ini, anda familiar dgn bhsa pemrograman apa?

  3. Aku sih baru mas, coz di MaKul-Q ada Pemrograman Komputer Pake Fortran, makanya aku lg cari2 flowchart, algoritma yang ada hubungannya dengan Sipil, barang kali mas-nya bisa bantu?? Maklum masih awam, he…he….

    Thx mas….,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s