kelanjutan program lalu GlassBox v.03(alpha)

kelanjutan dari postingan sya sebelumnya mengenai program implementasi desain struktur beton bertulngan (#part1, balok pesegi). Beberapa perbaikan dan tambahan diataranya, default input dari data pemakaian sebelumnya (last sessions). Masih menggunakan bahasa python dan juga sedang dalam tahap porting bahasa C++ agar nantinya membuat GUI standalone serta integrasi dgn program FE lebih mudah.

Saat di compile menjadi *.exe hasil dari C++ terlihat lebih kecil ukuran filenya, kemudian juga saat di-run program lebih cepat dibandingkan hasil *.exe dari python. Program yg dibuat pada C++ dapat menyimpan laporan dalam format plain tex.

Kemudahan dibuat dengan menyimpan dan membaca default.txt agar saat input data yang sama dengan last sessions pengguna cukup tekan enter.

Cara tersebut dirasa bermanfaat saa akan dilakukan perhitungan ulang yang hanya merubah Gaya terfaktor (M_u, V_u) atau hanya dimensi, diameter tul saja yang diubah.

Ditambahkan juga resume hasil perhitungan dan sketsa balok , dimensi dan penulangan atas dan bawah yang diperlukan.

Jumlah tulangan dan baris/lapis juga menyesuaikan hasil perhitungan.

Ada keterangan ambahan mengenai mungkin atau tidaknya diperlukan perhitungan lanjut lendutan balok. Dirasa perlu juga ditambahkan perhitungan Inersia effektif dan crack balok.

Diatas adalah contoh hasil keluaran program yang sudah dilakukan editing dgn OpenOffice WRITER menggunkan font Consolas ukuran 9pt.

Pengembangan lainnya yg sedang dalam tahap diantaranya adalah :

  • Balok jenis T, L konsep program hampir sama dgn Balok pesegi diatas.
  • Pelat lantai, Momen pendekatan tabel PBI-71, pembesian arah x&y, sketsa pembesiannya, check lendutan.
  • Kolom pesegi perhitungan jumlah tulangan perlu, diagram interaksi arah x&y. check metode Bresler, Parme. Coding with biaxial numerics are possible for me??
  • … dan lain-lainnya belum :) agak lambat ‘coz menggunakan my freetime aja (out of my workin’ days).

Agak dirasa kurang juga, mata agak pedes saat ngeliatin hasil output dlam format plain text. Jadi ingat bbrpa tahun lalu sya ‘ga jadi ngubek LaTeX, sekarang kepikiran kalo aoutput program ditampilkan seperti di buku2 teks, namun perhitungannya dilakukan oleh program glassboxDI ini :) penggguna tinggal kontrol liatin kerjanya program aja, glassboxDI akan membuat TeX source yg merupakan laporan desain berdasarkan data masukkan yg ditentukan pengguna.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s