tambahan modul desain pd glassboxDI #1

Sebelumnya program glassboxDI pada setiap revisi atau tambahan modul desain diberikan tanda versi v0.1 … v0.3, keliatannya bakalan kebanyakan nantinya, maka perhitungan versi dibuat lebih kecil v0.11, v0.12, … v0.9 lalu v1.11, v1.12, … v1.19, v2.10, 2.11 dst biar keliatan pendek.

Adapan modul tambahan yag telah dan sedang dikerjakan diantaranya:

Modul penentuan koefisien momen pelat sesuai tabel PBI-71 berdasarkan jenis tumpuan jepit-penauh dan jepit-elastis. Data masukan yg ditentukan adalah W_u, L_y dan L_x. program akan menampilkan koefisien C_tx, C_ty, C_lx dan C_ly. Metode lain perhitungan momen pelat seperti portal eqivalen atau FEM prediksinya lebih baik, jadi metode koefisien ini merupakan pendekatan saja. Tambahan lagi perhitungan momen pelat akibat beban konsentrasi/terpusat, koefisien momen diambil dari M. Pigeaud.

Program perhitungan desain pelat beton 2arah, momen berdasarkan dari modul sebelumnya atau dilakukan penimpaan (overwrites). Laporan desain dibuat pada rah-x dan y m_maks tumpuan atau lapangan. sedangkan lainnya resume saja biar ringkes.

Diatas adalah aplikasi desain baja pada elemen balok-kolom, sedangkan dibawah ini adalah penentuan faktor panjang efektif berdasarkan chart AISC dan rujukan beberapa persamaan (Slope, Chen, French). Perlu tambahan penyesuaian pada balok dan kolom non prismatis berdasarkan rujukan. Walaupun program FE (structural analysis solver engines) yg dipakai nantinya sudah capable memasukkan geometric stiffnes (K_G) untuk analisa P-delta global namun metode K-factors ini tetap sya implementasikan sebagai pembanding.

Sedangkan yg dibwah ini sedang diedit adalah pre-processor untuk keperluan penenentuan karakteristik penampang (A,Ix,Iy,y_na,J,As,Zx) berbagai macam jenis bentuk.

Lainnya seperti balok T dan Desain/investigasi Kolom beton masih dalam konsep flowchart-nya dan dicari algorithm-nya. Beberapa modul juga dalam thp porting ke bahasa C, kebetulan kemarin dapet buku bagus tulisan dosen tetap UGM terbitan Andi Publisher 2003.

Jadi sekedar omong-omong aja saat glassboxDI yg seharusnya saat ini v0.4 karena ada tambahan modul, tidak jadi perhitungan versi cara tersebut melainkan seharusnya adalah v0.14 . Terlihat agak gimana mundur gitu, terus nantinya hitung maju lagi. gapapa lebih baik diawal gini…

Program title’s : glassboxDI  v0.14 (Updates Dec’09)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s