tambahan modul pd program glassboxDI #2

Saat ini program glassboxDI mencapai versi 0.15 (alpha) dengan adanya tambahan modul pembuatan titik2 diagram interaksi kolom beton bertulang. Cukup banyak baris code yg dibuat, karena program ini bertujuan membuat sejenis  laporan desain yg transparan sebagai pengingat dan kontrol desain. Pembuatan diagram interaksi dipisah berdasarkan jumlah lapis tulangan, untuk yg sudah dibuat dibawah ini yaitu lapis-2 jumlah sampai ~1.000 list codes. Jadi jika akan dibuat sampai maks 10 lapis tul, maka akan mencapai > 10.000 list codes whohah jumlah yg tidak sedikit dan terlihat algorithma yg panjang.

Berikut adalah perbandingan dgn buku rujukan, ditambahkan titik tambahan diagram interaksi 1bh masing-masing pada daerah tekan menentukan dan tarik menentukan. Selain itu juga ditambahkan deteksi/perhitungan faktor aman terhadap beban P_u dan M_u yg bekerja.

Dibawah ini perbandingan dgn hasil program PCACOL,

Perbedaan disebabkan karena pembulatan atau lainnnya, terlihat pada keadaan tekan menentukan c = 350 mm > c_b. perlu dicheck ulang dgn berbagai konfigurasi jumlah tulangan.

Note:

ada kekeliruan (bugs) pada penentuan nilai c berikut snapshoot perbaikannya.

Perubahan notasi gaya aksial dan momen tersedia.

.

.

Berikut perbandingan lainnya,

Tambahan modul lainnya adalah koefisien momen pelat 2-arah kondisi tumpuan ideal, diambil dari tabel Marcus rujukan dari BS.

Selain itu juga sedang dilakukan proses digitizer data pada tabel koefisien momen dari M. Pigeaud rujukannya juga dari BS.

.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s