mesin penyelesai persamaan

equation solver dlam suatu program FE merupakan hal yg paling menentukan hasil ketepatan dan kecepatan menyelesaikan persamaan matriks dgn jumlah yg sgt besar, pada prinsipnya semua program FE menylesaikan masalah persamaan yg sama yaitu {F} = {K} * {u} pda masalah mekanika statis linear, pada masalah dinamis selain matriks kekakuan akan adanya tambahan matriks massa {M} dan redaman {C}. Sedangkan pada masalah tekuk dan ragam getar akan mencari nilai eigen.

SAP2000 pada sejak versi 11 (setahu saya) sudah mempunyai solver advanced,  tahun lalu pertama kali pake kaget juga saat nge-run model dgn DOF’s mencapai ~3500 dgn jenis analisa statis, dynamics & p-delta, diselesaikan hanya dgn waktu kurang dri 15 detik saja wahhh.

Ada rasa ingin tau aja beda bgt dgn yg saya pake jaman kuliah dulu yaitu versi 7,  dan jawabannya adalah seperti diatas yg terlampir juga dalam dokumentasi.

Ternyata itu bukan sesuatu yg baru dan bukan murni penelitian dari tiap2 developer, namun merupakan hasil dari penelitian suatu institusi/perorangan. Implementasinya aja baru belakangan seperti yg banyak dilakukan oleh pengembang software FE komersil. Setiap developer dri akademis boleh menggunakan math library dri hasil project tsb, kalo untuk developer komersil maka berbayar namun cheap (seharga motor 2nd jadul disni). Cheap sya pikir bagi pengembang besar sekelas Autodesk/Bentley atau lainnya untuk sebuah engine solver hebat seperti PARDISO, … ini win-win solution ngga sih :(

Software FE yg mengunakan solver advanced tsb, diantaranya: MSC Nastran, CalculiX, Robot Structural Analysis, RAM Concept, NISA, TNO DIANA, COMSOL,  dll belum tau.

.

.

.

.

.

.

banyak program FE besar dan komersil mengunakan mesin penyelesai persamaan yg sama, kalo gitu hasil akan sama jika diberikan perintah yg sama. Jadi yg membedakan command & management data input/output saja? atau lain apa?

Note:

program dri negeri sendiri SANSPRO juga sedang dikembangkan menggunakan advanced solver, cuman dokumentasi ngga jelasin pake apa ato yang mana.

One thought on “mesin penyelesai persamaan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s