memilih desktop calculator

Tulisan saat ini membicarakan sesuatu hal ringan yang biasa ditemui dan menjadi rutinitas  bidang engineering yg sebagai student maupun practicing. Kalkulator, sebuah alat bantu hitung yang biasa dibawa kemana2 terutama ujian matapelajaran yang melibatkan banyak hitungan. Tanpa alat bantu tsb dijamin tidak bisa berkutik dibangku ujian seperti yg sya alami waktu ujian ke II dulu :( dikantongin org karena ujian di hall besar bercampur dgn kelas dan fakultas lain.

Saat ini mungkin keberadaannya tersisihkan dgn adanya komputer/netbook, program aplikasi desktop calculator sifatnya interpreter atau kategori high level language programs. Cirinya cenderung mudah digunakan ketimbang bahasa pemrograman C++/Fortran dan tanpa perlu kompilasi. Program aplikasi desktop calculator ada yang sederhana ada juga yang canggih dapat melakukan perhitungan rumit yang melibatkan pencabangan (branching) dan perulangan (iteration). masing-masing developer team/individuals mempunyai orientasi yg berbeda2, sedangkan distribusinya ada yang komersil dan free. Program yg dapat digunakan sebagai desktop calculator yang bersifat komersil diantaranya adalah:Mathcad, Matlab, Mathematica, Maple dll. sedangkan yang bersifat free diantaranya adalah: Scilab, Smath Studio, Reinteract, Speq Math, CompPad OOo, dll. Akses program komersil yang hanya memungkinkan saat ini bagi saya adalah Matchcad(explorer), beberapa program untuk desktop calculator yg ditinjau lainnya adalah yg bersifat free saja.

Mathcad Explorer (web) (installer)

Semua program aplikasi free diatas biasa (berganti-ganti dlm dekade tertentu) sya gunakan untuk keperluan perhitungan teknik. Berdasarkan pengalaman sya pribadi, melihat karakter aplikasi mempunyai orientasi yang berbeda. Seperti program Scilab berorientasi ke manipulasi matrix, Speq Math untuk perhitungan sederhana, Reinteract yang mengandalkan program Python beserta add-ins module, Smath Studio yg mampu menampilkan seperti kertas perhitungan yang tampilan mirip buku teks, CompPad OOo yang mengedepankan kemampuan word processor OpenOffice.org Writer dgn Java. Euler Math Toolbox yang mengedepankan integrasinya dengan Latex. Masing-masing program mempunyai features spesifik masing-masing, pengguna bebas memilih sesuai kebutuhan. Karena program bersifat free, yg berminat tinggal download lalu mencobanya sendiri untuk kemudian dapat memilih mana yang sesuai kebutuhan tingkat kerumitan perhitungan.

Kriteria dalam suatu pemilihan aplikasi yg sesuai mungkin dapat didasarkan features dan kecepatan. Kemampuan program atau features diantaranya dukungan penggunaan satuan (US-CGS-SI units), pencabangan (if-then-else), solver atau pembuatan algorithm iterasi perulangan memenuhi suatu persyaratan nilai hasil tertentu, kemudahan input dan editing serta penggunaan ulang lembar kerja (re-use), gambar ilustrasi dan plot grafik/kurva. Hal lainnya adalah kecepatan proses, namun ini kadang tidak terlalu menjadi masalah karena kecepatan komputer sekarang yg sudah mempunyai processor tinggi dan ram besar, selain itu lembar kerja perhitungan yang dapat dipecah (splitting) menjadi beberapa lebar halaman saja.

Berikut link informasi selengkapnya dan alamat web files instalasi (current stable) dari sumber aslinya:

Scilab (web) (installer)

Smath Studio (web) (installer)

Speq Math (web) (installer)

Reinteract (web) (installer)

eulermathtes1

Euler Math (web) (installer)

CompPad (web) (installer)

berikut juga ditanpilkan contoh penerapan/aplikasi untuk study desain balok beton bertulang peraturan luar.

using SMath

using CompPad

10 pemikiran pada “memilih desktop calculator

  1. Waduh ini bagus, membuka wawasanku. Karena selama ini cuma kenal mathcad, dan mathlab yang saat ini pula dua duanya besar banget file-filenya dan berat untuk komputer tua saya.

    1. untuk yg oldies compie, perlu aplikasi yg ringan seperti Smath Studio jika lebih suka style perhitungan dan interface seperti MathCad. atau FreeMat (http://freemat.sourceforge.net/) jika lebih suka style & interface seperti Matlab dan jika Scilab terlihat berjalan cukup berat – funny computing again :)

    1. Android OS free/opensource. setahu sya berbasis linux yg dirampingkan dgn java agar resource kecil. karena based tsb maka dapat dipastikan ada banyak aplikasi yang mendukungnya. untuk math app yg mirip program yg sya bicarakab diatas, ada handyCalc (http://handycalc.wordpress.com/) dan Mathmatiz (http://mathmatiz.blogspot.com/) sedangkan untuk feature yg lebih lengkap ada aplikasi bernama addi (http://code.google.com/p/addi/) yg berbasis java math library (http://www.jmathlib.de)

  2. maaf OOT, mas Suyono mau nanya nih bagaimana merencanakan struktur Lift? Bebannya titik atau bagaimana.

    Apakah punya data spesifikasi lift (berat lift dsb)

    Makasih

    1. gppa, data pembebanan lift dan letaknya ditentukan oleh supplier bersangkutan. biasanya dibagi dalam jenis lift org (office) atau brg (warehouse), desain meliputi hoist beam dan fondation/pit lift. spesifikasi memang lebih tepatnya dri supplier disini sya hanya memberikan gambaran diantaranya (approximate):
      1. office
      1(a)
      P hoist 3tonf
      dimensi 2x2m
      P foundation 2x7tonf
      pit depth 1.3m
      1(b)
      P hoist 7tonf
      dimensi 3.5×3.5m
      P foundation 2x20tonf
      pit depth 1.5m
      2. warehouse
      2(a)
      P hoist 35tonf
      dimensi 3.5×4.0m
      P foundation 2x22tonf
      pit depth 1.5m

  3. Halo Mas suyono ikutan nanya nih:
    1. Bagaimana kombinasi pembebanan untuk beban respon sppektrum menurut SNI?
    2.Bagaimana kombinasi pembebanan untuk beban time history menurut SNI?

    Makasih banyak mas infonya. Salut dengan konsistensinya dalam bidang struktur.

  4. Mau nanya mas Suyono :
    apa yang dimaksud dengan
    1. Sistem dinding penumpu
    2. sistem rangka gedung
    3. sistem rangka pemikul momen
    4. sistem ganda
    5. sistem struktur gedung kolom kantilever
    6. sistem interaksi dinsing geser dengan rangka
    7. subsistem tunggal

    dan bagaimana pengaruhnya terhadap input pada software analisis dan kontrol outputnya yang disesuaikan dengan SNI?

    Makasih atas jawabannya

    1. all about gravity & lateral system, Q/A
      1. MSN diagonal comp. strut
      2. MRF full + SW/BR
      3. MRF full
      4. MRF half + SW/BR
      5. COL free standing, fixed@base
      6. Dual System
      7. SW full

      ductility factors/max. displacement.

Tinggalkan komentar