Karakteristik torsi penampang dgn dan tanpa radius takikan

niai karakteristik torsi penampang sangat diperukan untuk perhitungan stabilitas torsi lateral pada elemen struktural balok/kolom baja. pada perhitungan secara manual analitis biasanya mengabaikan adanya radius takikan (root) pada profil penampang hot rolled, ini dikarenakan penyederhanaan dari integrasi numerik yg rumit.hanya memungkinkan dengan elemen hingga (FEM). berikut dilakukan perbandingan dan perbedaan selisih hasil perhitungannya.

torisonalproperties

pada metode numerik dengan program bantu FEM, elemen dipecah/dibagi menjadi banyak pias (mesh) dengan prinsip yg  sama dengan analitis manual metode pembagi menjadi beberapa segmen pembentuknya, kemudian dilakukan integrasi pias tersebut untuk mencari luas penampang, letak titik netral, inersia, modulus elastis/plastis.  semakin rapat maka akan semakin akurat hasilnya.

penampang wide flanges,

2016-07-08 20_39_53-wf

penampang channel atau UNP,

C2016-07-08 20_56_52-

penampang siku,

2016-07-08 21_00_53-L

penampang T atau potongan setengah WF,

2016-07-08 21_04_14-T

dibawah ini terampir tabel perbandingan antara perhitungan pendekatan analitis berdasarka rumus rujukan dan cara numerik elemen hingga. contoh hanya diambil sebuah ukuran saja untuk masing-masing jenis penampang.

2016-07-08 21_08_51-TORSIONCOMPARE.ods - OpenOffice Calc

terlihat pada hasil perhitungan kostanta puntir (warping – Vlasov), secara keseluruhan nilainya tidak berbada jauh kecuali penampang siku. berbeda keadaannya pada hasil perhitungan konstanta puntir (J – St. Venant) terutama pada profil WF dan T yg termasuk cukup besar ~15%.

perlu metode perhitungan manual analitis dgn rumus pendekatan lain yg ikut memperhitungkan adanya bidang takikan (root) agar hasilnya lebih mendekati. nanti saya akan mencari dari berbagai rujukan yg sudah ada,

 

** Updates

sya mendapatkan sebuah paper dari peneliti di Eropa, untuk profil penampang wide flange dan angles dan hasilnya menunjukan lebih mendekati nilai FEM. sedikit modifikasi sya buat untuk profil T berdasarkan prinsip dari rujukan tersebut, sedangkan profil channel belum selesai ditinjau untuk modifikasi rumusan. perlu juga validate & benchmark perbandinganya dengan metode numerik FEM terhadap banyaknya variasi dimensi penampang.

FromulaJbyKrauss2009

*** Updates

torsionchannel

from where these factor comes (?), need to be validate & benchmark

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s